EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI KUBUS DAN BALOK

Marfin, Maryam binti (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI KUBUS DAN BALOK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Discovery, Berbasis Inquiry, Alat Peraga, Kemampuan Penalaran Matematis, Kubus dan Balok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII. Rendahnya kemampuan penalaran siswa ditunjukkan berdasarkan hasil survei yang dilakukan TIMSS dan PISA yang menempatkan Indonesia pada posisi yang belum menggembirakan. Tinggi rendahnya kemampuan penalaran siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, dimana faktor yang paling dominan yaitu guru, siswa dan pembelajaran yang dipakai. Upaya guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa secara maksimal salah satunya dengan memilih pembelajaran discovery berbasis inquiry berbantuan alat peraga yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 39 Semarang kelas VIII yang berjumlah 278 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara random kelas (acak), untuk kelas eksperimen sebanyak 30 siswa menggunakan pembelajaran discovery berbasis inquiry berbantuan alat peraga dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa menggunakan pembelajaran inquiry. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan tes yaitu meliputi nilai ulangan harian tertulis. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji normalitas dengan uji Kolomogorov Smirnov, uji homogenitas dengan uji Levene dan uji t untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian. Hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi dengan R2 (indeks determinasi) sebesar 83,8% dan rata-rata kelas eksperimen = 83, 67 dan rata-rata kelas kontrol = 78,83. Uji hipotesis yang digunakan yaitu nilai p value melalui perhitungan statistik sebesar 0,000 dimana < 0,05. Karena < 0,05 maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,05 . karena thitung > ttabel, maka tolak Ho dan terima Ha. Artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswaa yang menggunakan pembelajaran discovery berbasis inquiry berbantuan alat peraga dengan yang hanya menggunakan pembelajaran inquiry.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:27
Last Modified: 27 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5321

Actions (login required)

View Item View Item