Prastika, Iin Yuana (2016) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN ASSESMENT PORTOFOLIO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
abstrak_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
Abstract
Kata Kunci : metode penemuan terbimbing, Lembar Kerja Siswa, assesment portofolio, kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam mengaplikasikan konsep pada materi garis dan sudut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode penemuan terbimbing berbantuan Lembar Kerja Siswa materi Garis dan Sudut dengan assesment portofolio terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design dimana subjek penelitiannya adalah siswa MTs Al-Hidayah kelas VII Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kemampuan Pemahaman Konsep dan lembar observasi penilaian portofolio. Teknik analisis data menggunakan uji One Sample T-Testdan uji Independent Sample T-Test . Hasil Penelitian menunjukkan bahwa uji One Sample T-Test aspek pemahaman konsep matematika 0,001 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikasi 0,05 (Ho) ditolak yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih dari nilai KKM secara individual yaitu 75.Sedangkan uji Independent Sample T-Test diperoleh hasil Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode Penemuan Terbimbing berbantuan LKS dengan assesment portofolio lebih baik daripada Kemampuan Pemahaman Konsep siswa menggunakan pembelajaran ekspositori. Hasil assesment portofolio yang digunakan dalam metode penemuan terbimbing berbantuan LKS pada materi garis dan sudut memberikan hasil yang positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan LKS dengan assesment portofolio efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi garis dan sudut. Penelitian ini diharapkan dapat sebagai alternatif pilihan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi lainya pada materi pokok lainnya yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 07:19 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 07:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5312 |
Actions (login required)
View Item |