KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MATERI LINGKARAN

Chaliyyah, Nafisatul (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MATERI LINGKARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : REACT, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecemasan dan komunikasi interpersonal siswa dalam pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis.Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang dikenai pembelajaran REACT materi Lingkaran pada siswa kelas VIII semester 2 MTs Yasimu Mangunrejo tahun pelajaran 2015/2016 mencapai kriteria ketuntasan minimal 73. Serta mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dikenai pembelajaran REACT dan siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas VIII semester genap MTs Yasimu Mangunrejo tahun pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, dan diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan pembelajaran REACT) yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas VIII B sebagai kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran ekspositori) yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan dalam empat kali pertemuan kelas eksperimen dan empat kali kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, metode tes, dan metode angket. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji regresi linear, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kecemasan dan komunikasi interpersonal siswa dalam pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi lingkaran sebesar 33% dengan model regresi ganda Y ̂=62,562+0,082X_1+0,259X_2 yang bersifat linear. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 85,80 dan kelas kontrol 80,55. Dengan perbedaan rata-rata 5,25. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 85,80 berada pada kategori tinggi, dengan melihat nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 73, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran REACT sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi lingkaran siswa kelas VIII MTs Yasimu Mangunrejo tahun pelajaran 2015/2016. Kedua rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol benar-benar berbeda, artinya siswa pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dari siswa pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:18
Last Modified: 26 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item