Aljalil, Aljalil (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR, BERPASANGAN, DAN BERBAGI DAN MEDIA GAMBAR BERANTAI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL-ISLAM SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover_1.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
Abstract
Kata Kunci: Menceritakan tokoh Idola, Model Berpikir, Berpasangan, Berbagi, Media Gambar Berantai, Pendidikan Karakter Pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran yang diproleh dalam pendidikan formal. Materi menceritakan tokoh idola termasuk dalam kurikulum, kesulitan yang dihadapi siswa dalam menjalani materi ini adalah memahami cara menceritakan tokoh idola. Pendidik masih kurang mampu menerapkan metode pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik merasa bosan dan cenderung tidak termotivasi. Model pembelajaran yang dipadukan dengan media gambar berantai, berpikir, berpasangan dan berbagi serta menanamkan pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan, minat dan motivasi peserta didik menceritakan tokoh idola sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, perubahan peningkatan, dan perubahan perilaku setelah mendapatkan pengajaran menceritakan tokoh idola dengan model pembelajaran berpikir, berpasangan, dan berbagi dan media gambar berantai berbasis pendidikan karakter pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP AL-ISLAM Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah 26 orang yang terbagi dalam 6 kelompok. Kelompok 1- 4 sebanyak 4 orang dan kelompok 5 dan 6 sebanyak 5 orang. Perlakuan dilakukan dalam 3 siklus. Data dianalisa dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dengan menggunakan teknik kuantitatif diperoleh nilai peningkatn terbesar terdapat pada siklus III dengan hasil 105,12%, dengan demikian data kualitatif siklus yang mengalami proses pembelajaran, perubahan peningkatan, perubahan perilaku paling tinggi adalah pada siklus III. Proses pelakasanaan pembelajaran, perubahan peningkaan pembelajaran, dan perubahan perilaku pada pembelajaran menceritakan tokoh idola dengan model pembelajran berpikir, berpasangan, dan berbagi dan media gambar berbasis pendidikan karakter mengalami perubahan dan peningkatan yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 02:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 02:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5295 |
Actions (login required)
View Item |