PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN METODE MELEMPAR BOLA SALJU DAN MEDIA PELANGI TERBALIK BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL-ISLAM SEMARANG

Sari, Vitalis Mega Puspita (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN METODE MELEMPAR BOLA SALJU DAN MEDIA PELANGI TERBALIK BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL-ISLAM SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Kata kunci: Menulis Kreatif Puisi, Media Pelangi Terbalik, Metode Melempar Bola Salju, Pendidikan Multikultural. Penelitian ini berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi dengan Metode Melempar Bola Salju dan Media Pelangi Terbalik Berbasis Pendidikan Multikultural pada Peserta Didik Kelas VII SMP AL-ISLAM Semarang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis kreatif puisi dan perubahan peserta didik setelah menggunakan media pelangi terbalik dan metode melempar bola salju berbasis pendidikan multikultural. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan metode melempar bola salju dan media pelangi terbalik berbasis pendidikan multikultural pada peserta didik kelas VII SMP AL-ISLAM Semarang, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis kreatif puisi dengan metode melempar bola salju dan media pelangi terbalik berbasis pendidikan multikultural pada peserta didik kelas VII SMP AL-ISLAM Semarang, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas VII SMP AL-ISLAM Semarang setelah mendapatkan pengajaran menulis kreatif puisi dengan metode melempar bola salju dan media pelangi terbalik berbasis pendidikan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif berupa analisis data yang diperoleh dari mendeskripsikan dan mengelompokkan data yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara.Semua data yang diambil digunakan untuk menganalisis data kualitaif melalui data nontes. Penelitian kuantitatif berupa analisis nilai secara keseluruhan, dan merekap nilai tes menulis kreatif puisi dengan metode melempar bola salju berbantu media pelangi terbalik berbasis pendidikan multikultural pada siklus I, siklus II, dan siklus III, kemudian menghitung nilai rata-rata yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aspek kesesuaian isi dengan tema memperoleh rata-rata sebesar 80,15 yang semula 67,85. Aspek diksi memperoleh rata-rata sebesar 75,88 yang semula 57,88. Aspek rima atau persajakan memperoleh rata-rata sebesar 76,85 yang semula 58,23. Aspek gaya bahasa memperoleh rata-rata 79,31 yang semula 60,96. (2) Perubahan perilaku peserta didik yang semula memperoleh rata-rata 61,23 menjadi 78,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:30
Last Modified: 23 Sep 2016 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5294

Actions (login required)

View Item View Item