PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG TEMPE TERHADAP KADAR LDL (Studi Eksperimental pada Rattus Norvegicus dengan Riwayat BBLR yang Diinduksi Diet Tinggi Lemak Jenuh)

Artharosa, Febri Sidiq (2015) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG TEMPE TERHADAP KADAR LDL (Studi Eksperimental pada Rattus Norvegicus dengan Riwayat BBLR yang Diinduksi Diet Tinggi Lemak Jenuh). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI FEBRI SIDIQ ARTHAROSA 012106158_Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI FEBRI SIDIQ ARTHAROSA 012106158_Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI FEBRI SIDIQ ARTHAROSA 012106158_Intisari.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Kadar LDL yang tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor risiko terjadinya dislipidemia. Pada subyek dengan BBLR mempunyai korelasi dengan dislipidemia yaitu profil LDL mengalami peningkatan. Perbaikan profil lipid dengan cara menurunkan kadar LDL akan memperbaiki metabolisme lipid dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung tempe terhadap kadar LDL pada tikus (rattus norvegicus) yang diinduksi diet tinggi lemak jenuh. Tepung tempe memiliki kandungan niasin diduga dapat menghambat lipolisis jaringan adiposus sehingga asam lemak bebas yang beredar berkurang akibat menurunnya pembentukan VLDL di hepar. Apabila kadar VLDL dalam sirkulasi turun, pembentukan partikel turunannya juga akan berkurang. Pada akhirnya kadar LDL akan menurun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan post test control only group design yang menggunakan 24 ekor tikus (rattus norvegicus) yang dibagi empat kelompok. Kelompok I hanya diberi pakan standar, dan lemak jenuh, kelompok II diberi pakan standar, lemak jenuh, dan tepung tempe 0,5 g /100 g BB/hari, kelompok III diberi pakan standar, lemak jenuh dan tepung tempe 1 g /100 g BB/hari dan kelompok 1V diberi pakan standar, lemak jenuh dan tepung tempe 2 g /100 g BB/hari. Semua perlakuan pada setiap kelompok diberikan selama 4 minggu. Hasil rerata kadar LDL yaitu kelompok I 51,69 ± 1,37 (mg/dl), kelompok II 45,89 ± 1,19 (mg/dl), kelompok III 38,29 ± 1,18 (mg/dl) dan kelompok IV 33,33 ± 2,25 (mg/dl). Hasil uji One Way Anova menunjukkan perbedaan bermakna (p = 0,000). Hasil uji Post Hoc menunjukkan ada perbedaan signifikan pada kelompok kontrol dengan kelompok yang diberi tepung tempe (p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa pemberian tepung tempe berpengaruh terhadap penurunan kadar LDL tikus (rattus norvegicus) yang diinduksi diet tinggi lemak jenuh. Kata kunci : lemak jenuh, tepung tempe, kadar LDL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2015 07:58
Last Modified: 03 Aug 2015 07:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item