PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Kurniawan, Adi (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Karakteristik perusahaan yang digunakan antara lain tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan dan umur perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan teori stakeholder sebagai grand theory. Pengukuran laporan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melaporkan laporan tanggung jawab sosial. Periode penelitian ini adalah pada tahun 2014. Proses pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling, dengan kriteria sebagai berikut: perusahaan menerbitkan laporan tahunan, perusahaan mengungkapkan laporan tanggung jawab sosial perusahaan, perusahaan menyajikan laporan keuangan dalam mata uang rupiah, perusahaan juga harus memperoleh laba, dan semua data yang dibutuhkan tentang variabel penelitian lengkap. Total sampel dalam penelitian ini adalah 72 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan, dan umur perusahaan positif signifikan mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Secara individu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe industri negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaaan positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas positif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, leverage negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, pertumbuhan perusahaan negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan umur perusahaan positif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci: Karakteristik perusahaan, laporan tahunan perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, perusahaan manufaktur, teori stakeholder.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:36
Last Modified: 08 Sep 2016 02:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item View Item