THE DEVELOPMENT OF LOCAL CULTURE-BASED ENGLISH READING MATERIAL FOR TEACHING READING DESCRIPTIVE TEXT (A Research and Development Study on theSeventh (7th)Grade Students of SMP N 6 Jepara in the Academic Year of 2015/2016)

Salasah, Irma (2016) THE DEVELOPMENT OF LOCAL CULTURE-BASED ENGLISH READING MATERIAL FOR TEACHING READING DESCRIPTIVE TEXT (A Research and Development Study on theSeventh (7th)Grade Students of SMP N 6 Jepara in the Academic Year of 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap tema kebudayaan lokal untuk materi pembelajaran teks deskriptif, bagaimana bahan ajar membaca teks deskriptif bertema kebudayaan lokal dikembangkan, dan bagaimana keefektifan bahan ajar tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D). Metode ini terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi, pengembangan, dan uji coba. Pada tahap eksplorasi, penulis menemukan bahwa 15 (43%) siswa sangat setuju dan 13(37%) siswa setuju jika guru mengajar menggunakan tema kebudayaan sekitar Jepara. Lebih lanjut lagi, peneliti menemukan bahwa materi pembelajaran yang digunakan disekolah tersebut tidak mengenai kebudayaan sekitar Jepara. Pada tahap pengembangan, teks dengan judul Kartini, pantai Bandengan, patung Kura-kura, pantai Kartini, dan museum Kartini dimasukkan dalam pembuatan bahan ajar. Kemudian, bahan ajar tersebut divalidasi menggunakan tujuh aspek. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa persentase kesesuaian materi dengan kurikulum memperoleh skor 4,32 (baik sekali), aspek isi dengan skor 4,10 (baik sekali), kesesuaian dengan tingkat kemampuan siswa dengan skor 4,15 (baik sekali), kesesuaian dengan guru 4,00 (baik), struktur dan kosakata 4,04 (baik), aspek latihan dengan skor 4,15 (baik sekali), dan model grafis dan tatanan 3,90 (baik).Tahap terakhir adalah uji coba. Nilai minimal yang diperoleh adalah 60, sedangkan nilai maksimal 90 dengan jarak 30 poin. Disamping itu rata-rata nilai test adalah 69,7 dan standar deviasi 8,10. Ada 10 siswa atau 27,8% memperoleh nilai 60, 19 siswa atau 52,8% mendapat nilai 70, 5 siswa atau 13,9% mendapat nilai 80, dan 2 siswa atau 5,6% mendapat nilai 90. Dapat disimpulkan bahwa materi membaca menggunakan topik budaya lokal efektif dalam mengembangkan metode pengajaran membaca teks deskriptif. Kata kunci: tema kebudayaan lokal, bahan ajar, teks deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:57
Last Modified: 26 Aug 2016 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item