Inggar, Inggar (2016) THE EFFECTIVENESS OF DISCOVERY LEARNING METHOD IN IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION (ACaseof Second Semester of SMP Al- Fatah Semarang in the Academic Year 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran discovery efektif untuk meningkatkan pemahaman pembaca siswa atau tidak terhadap kelas delapan SMP Al-Fatah Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan disekolah SMP Al-Fatah Semarang yang terletak pada Jln. Masjid Terboyo No. 111 Semarang, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah desain quasi-experimental. Populasinya adalah sekolah SMP Al-Fatah Semarang dan sampelnya adalah siswa kelas delapan yaitu kelas VIII C sebagai kelas control dan VIII D sebagai kelas eksperimen. Kemudian cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen test reading, yaitu antara lain try-out, pre-test, dan post-test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa skor rata-rata pre-test dari kelas eksperimen yaitu 61.83, sementara skor rata-rata pre-test dari kelas control yaitu 61.16. setelah diberikan treatment pada kelas eksperimen, kemudian diberikan post-test pada kedua kelas tersebut; hasilnya adalah rata-rata post-test dari kelas eksperimen yaitu 71.33 dan skor rata-rata post-test dari kelas control yaitu 63.50. Hal tersebut membuktikan bahwa kelas eksperimen telah mengalami peningkatan daalam pemahaman membaca mereka. Apalagi hal ini didukung oleh skor rata-rata dari kelas eksperimen dimana lebih tinggi dibanding kelas control, yaitu 71.33>63.50. Selanjutnya, hasil dari analisis data menunjukan bahwa terdapat sebuah perbedaan yang signifikan. Hal ini didukung oleh hasil dari t-test, dimana perbedaan signifikan tersebut ada dalam hasil post-test antara kelas kontrol dan eksperimen yaitu sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Jadi, penggunaan metode discovery learning efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Method, Reading, Comprehension.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 01:57 |
Last Modified: | 26 Aug 2016 01:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4536 |
Actions (login required)
View Item |