THE EFFECTIVENESS OF SCIENTIFIC APPROACHES’ 5 (FIVE) STEPS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT (Experimental Research on the Tenth (10th) Grade Students of SMK N 1 Bancak in the Academic Year of 2015/ 2016)

Susilowati, Heni (2016) THE EFFECTIVENESS OF SCIENTIFIC APPROACHES’ 5 (FIVE) STEPS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT (Experimental Research on the Tenth (10th) Grade Students of SMK N 1 Bancak in the Academic Year of 2015/ 2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Lima langkah pendekatan ilmiah adalah teknik pembelajaran yang sistematik melalui sekumpulan langkah-langkah (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring) untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dari penggunaan lima langkah pendekatan ilmiah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount untuk siswa kelas X di SMK N 1 Bancak tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah penelitian yaitu try out, pre-test, treatments, dan post-test. Untuk kelas eksperimen, proses pembelajarannya fokus kepada serangkain lima langkah pendekatan ilmiah. Akan tetapi, pembelajaran pada kelas kontrol hanya difokuskan pada pengaplikasian teknik pembelajaran seperti biasa atau tanpa menggunakan lima langkah pendekatan ilmiah. Kedua kelas tersebut mendapatkan dalam empat kali pertemuan. Tes try out dan pre-test terdiri dari enam topik essai pilihan sedangkan, post-test terdiri dari empat topik essai pilihan. Hasil dari tes tersebut dianalis menggunakan rumus independent sample t-test dan uji normalitas (one sample Kolmogorov-Smirnov test) pada windows SPSS versi 21.00. Hasil rata-rata dari nilai pre-test pada kelas eksperimen dan kelas control adalah 61.67 dan 59.88. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa sebelum diberikan treatment masih lemah. Selanjutnya, hasil rata-rata dari nilai post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 71.79 dan 65.00. Hasil dari uji t pada kedua kelompok menunjukkan bahwa hasil tvalue mendapatkan angka yang lebih besar daripada ttable (tvalue(81) : 4.019 > ttable (81) : 1.990) and P : 0.000 < 0.05. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan H1 diterima dimana terdapat perbedaan yang signifikan dalam dalam peningkatan kemampuan menulis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas X di SMK N 1 Bancak tahun pelajaran 2015/ 2016. Kata Bantu: 5 (Lima) Langkah Pendekatan Ilmiah , Menulis, Teks Recount

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa
Fakultas Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:57
Last Modified: 26 Aug 2016 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4531

Actions (login required)

View Item View Item