AN ANALYSIS OF LEXICAL COHESION IN THE ABSTRACTS OF THE FINAL PROJECT WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS OF SULTAN AGUNG ISLAMIC UNIVERSITY IN APRIL 2014

Prima, Prima (2016) AN ANALYSIS OF LEXICAL COHESION IN THE ABSTRACTS OF THE FINAL PROJECT WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS OF SULTAN AGUNG ISLAMIC UNIVERSITY IN APRIL 2014. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengarahkan untuk mengidentifikasi jenis perangkat leksikal kohesif yang ditemukan di Abstrak Proyek Akhir Ditulis oleh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Sultan Agung pada bulan April 2014 dan untuk mengidentifikasi bagaimana leksikal kohesif digunakan dalam di Abstrak Proyek Akhir Ditulis oleh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Sultan Agung pada bulan April 2014. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif selama penelitian karena data yang ditampilkan dalam bentuk rangkaian kata-kata. Berdasarkan kerangka teori oleh Halliday dan Hassan (1984: 320), peneliti menemukan perangkat leksikal kohesif dalam di Abstrak Proyek Akhir ditulis oleh mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Sultan Agung pada bulan April 2014, yaitu: repetisi, sinonim, antonim, hiponim, dan meronim Lebih lanjut, peneliti menemukan leksikal k ohesif dalam abstrak mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) tahun 2014 berdasarkan kerangka teori Halliday dan Hasan (1984: 320), yaitu: repetisi sebanyak 7 klausa atau 41,2%; meronim sebenyak 5 klausa atau 29,4%; antonym sebanyak 2 klausa atau 11,8%; hiponim sebanyak 2 klausa atau 11,8%; dan yang terakhir, sinonim mempunyai klausa paling sedikit sebesar 1 klausa atau 5,8%. Repetisi adalah paling dominan dalam data. Hal ini disebabkan karena penulis sebagian besar mengulangi kata yang sama dari klausa sebelumnya. Selain itu, digunakan untuk menekankan subjek atau objek dari klausa berikutnya. Sebagai hasilnya, para pembaca akan mudah memahami abstrak yang ditulis. Kemudian, jumlah paling sedikit adalah sinonim. Lebih lanjut, hal itu terjadi karena jenis teks adalah abstrak. Jadi, penulis akan cenderung menggunakan kata yang tepat untuk menjelaskan tentang penelitian. Selanjutnya, pembaca akan lebih mudah untuk mengetahui makna teks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa
Fakultas Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:56
Last Modified: 26 Aug 2016 01:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4511

Actions (login required)

View Item View Item