THE USE OF THREE PHASE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A Case of Eighth (8th) Grade Students of Sultan Agung 4 Islamic Junior High School Semarang)

Kusumastuti, Ariyanti (2016) THE USE OF THREE PHASE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A Case of Eighth (8th) Grade Students of Sultan Agung 4 Islamic Junior High School Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik pengajaran Three Phase efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini dilakukan pada SMP Islam Sultan Agung 3 Semarang yang berlokasi di Jln. Kaligawe, KM. 4, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Sampel penelitian adalah kelas VIII-4 yang terdiri atas 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan test pemahaman membaca yang terdiri atas pre-test dan post-test. Rancangan penelitian ini adalah quasi-experimental yang merupakan rancangan penelitian empiris yang digunakan untuk memperkiran dampak pengaruh dari sebuah interpensi pada sebuah target populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi nilai pemahaman membaca siswa pada pre-test berada pada kategori rendah di mana dari total 40 siswa hanya 2 siswa yang mampu mencapai nilai sedang (6-6,9), sementara 38 siswa lainnya berada pada kategori rendah (0-5,9). Setelah siswa diberikan pengajaran menggunakan tekhnik pengajaran Three Phase, nilai pemahaman membaca siswa meningkat di mana 12 siswa mencapai nilai sangat tinggi (8-10), 14 siswa mendapatkan nilai tinggi (7-7,9), 10 siswa mendapatkan nilai sedang (6-6,9), dan hanya 4 siswa yang medapatkan nilai rendah (0-5,9). Selain itu, pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa t-hitunng – 12.64 lebih tinggi dari t-tabel =1.68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Jadi, penggunaan tekhnik pengajaran Three Phase terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang pada tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Three Phase , kemampuan membaca, pemahaman membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:55
Last Modified: 26 Aug 2016 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item