Khikmah, Irma Nur (2016) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode role playing terhadap motivasi belajar. Selain melalui diri sendiri, motivasi belajar juga bisa melalu metode pembelajaran seperti halnya dengan menggunakan metode role playing, penggunaan metode role playing yang digunakan oleh guru dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang penggunaan metode role playing terhadap motivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 02 Semarang. Yang menjadi titik masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode role playing terhadap motivasi belajar dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 02 Semarang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa di MTs Negeri 02 Semarang yaitu sebanyak 699 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara teknik simple random sampling atau teknik pengambilan sampel karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Pengambilan sampel ini mengacu pada pendapat sugiyono yaitu mengambil peserta didik kelas VIII A (keagamaan) yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan dua variabel melalui analisis ststistik dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis tersebut diketahui 5,533. Analisis data meliputi analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: efektivitas metode role palying terhadap motivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis dengan penggunaan perhitungan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode role palying dan motivasi belajar dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 02 Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 01:53 |
Last Modified: | 26 Aug 2016 01:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4477 |
Actions (login required)
View Item |