FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Wibowo, Saputro (2016) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Pengungkapan tanggung jawab sosial adalah merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan. Ada empat alasan tanggung jawab sosial perusahaan penting untuk dilaksanakan yaitu pertama, menghindari dari reputasi negatif kedua, memberikan tanggapan dari lingkungan sekitar seperti permintaan lapangan kerja ketiga, mendapatkan respek kelompok masyarakat inti terutama yang mengharapkan keberadaan perusahaan, dan yang keempat adalah menjamin keamanan dari gangguan lingkungan sekitar dalam rangka melakukan proses produksi dan keberlanjutan usaha perusahaan itu sendiri. Dengan demikian didapat factor-faktor yang mempengaruhi kebijakan tanggung jawab social pada penelitian kali ini yaitu profitabilitas, basic perusahaan, ukuran perusahaan, tipe perusahaan, likuiditas, leverage, dan growth. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode tahun 2009-2012. Diperoleh bahwa sebanyak 51 perusahaan selama tahun 2009-2012 yang konsisten selama 4 tahun mengeluarkan laporan keuangan tahunan dengan pengungkapan sosial. Dengan menggunakan pengggabungan data penelitian diperoleh data untuk analisis sebanyak 4 x 51 = 204. Metode pengambilan data adalah metode purposive sampling. Dalam Menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari penelitian didapat disimpulkan bahwa basis perusahaan, size perusahaan, dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab social sedangkan profitibilitas, tipe perusahaan, leverage dan growth tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Kata Kunci : CSR, profitabilitas, basic, size, tipe, likuiditas, leverage, growth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:28
Last Modified: 12 Aug 2016 04:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item