NURZAMAN, MUHAMMAD AKMAL (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SDN SINDANG 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100077_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100077_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji efektivitas pembelajaran dengan model berbasis masalah dalam mengembangkan kecakapan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Sindang 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pada analisis data. Desain yang diterapkan pada penelitian, yakni Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data penelitian memakai teknik tes yang berjumlah 10 soal uraian. Penelitian melibatkan populasi seluruh siswa kelas V di SDN Sindang 01, dengan sampel yang terdiri dari 20 siswa. Melalui hasil paired sample t-test didapat nilai Sig. 0,001<0,05, yang diartikan terdapat pengaruh antara hasil pretest dan posttest. Hasil n-gain yang mencapai 0,72 membuktikan efektifitas peningkatan kecakapan berpikir kritis yang segnifikan. Pembelajaran dengan model berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan kecakapan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Sindang 01. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |