Putri, Lintang Febriani (2025) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN REGULASI EMOSI DENGAN KECEMASAN BERBICARA SAAT PRESENTASI DI DEPAN KELAS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Psikologi_30702100116_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Psikologi_30702100116_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengaan populasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis angkatam 2023-2024 dengan jumlah sampel 91 mahasiswa. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur yaitu skala kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas yang terdiri dari 30 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,906. Skala efikasi diri berjumlah 30 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,887. Skala regulasi emosi berjumlah 30 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,837. Analisis data hipotesis pertama pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Sultan Agung, yang diperoleh R sebesar 0.331 dan nilai Fhitung 21.806, dengan taraf signifikansi 0.000 (p < 0.05) sehingga hipotesis pertama diterima. Analisis kedua dan ketiga menggunakan korelasi persial, hasil uji hipotesis kedua antara efikasi diri dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas memperoleh nilai rx1y sebesar (-0.413) dengan taraf signifikansi 0.000 (p<0.05) yang artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas, sehingga hipotesis kedua diterima. Hasil uji hipotesis ketiga antara regulasi emosi dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas diperoleh nilai rx2y sebesar (-0.209) dengan taraf signifikansi 0.048 (p<0.05) artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas, sehingga hipotesis ketiga diterima. Sumbangan efektif variabel efikasi diri dan regulasi emosi dengan kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas sebesar 33,1%. Kata Kunci: Kecemasan berbicara saat presentasi di depan kelas, Efikasi Diri, Regulasi Emosi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |