Lathifah, Iva (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100108_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100108_fullpdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Baamboozle berbasis game-based learning terhadap literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pundenaru 1 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian berupa soal esai yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10 soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 50,8, sedangkan rata-rata posttest meningkat menjadi 78,4. Berdasarkan analisis menggunakan uji paired t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan sig. (2-tailed) < α (0,05). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Baamboozle berbasis game-based learning terhadap literasi sains siswa kelas V SD. Kata Kunci: Baamboozle, Game-based learning, Literasi sains
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:51 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |