ANALISA PEMELIHARAAN BUSHING PRIMER TRAFO UNIT 3 GARDU INDUK KEBASEN 150 KV

ANDIKA, DWINTA (2025) ANALISA PEMELIHARAAN BUSHING PRIMER TRAFO UNIT 3 GARDU INDUK KEBASEN 150 KV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Elektro_30602200139_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Teknik Elektro_30602200139_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Trafo unit 3 GI Kebasen 150kV merupakan salah satu dari 4 unit trafo yang menyalurkan tenaga listrik di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal. Oleh karena itu kondisi trafo ini perlu dipelihara secara rutin agar penyaluran tenaga Listrik di wilayah tersebut tidak terganggu. Selain merugikan Perusahaan penyedia tenaga Listrik, pelanggan Listrik juga dirugikan apabila terjadi pemadaman tidak terencana akibat kerusakan secara tidak terduga pada trafo ini karena akan membutuhkan waktu lama dalam pemulihannya. Berdasarkan publikasi teknis dari Working Grup A2.37 yang dilakukan CIGRE (Conseil International des Grands Réseaux Électriques) yaitu organisasi internasional yang berfokus pada studi dan pengembangan sistem tenaga listrik, termasuk transformator daya, menyebutkan bahwa kerusakan akibat bushing primer menjadi penyebab terbesar ke-3 setelah kerusakan akibat winding dan tap changer. Selain itu hampir 50% kerusakan trafo yang diakibatkan oleh bushing primer menyebabkan kerusakan eksternal berupa ledakan dan kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai tan δ dan persentase perubahan kapasitansi, analisa terhadap hasil perhitungan serta tindak lanjut dari analisa hasil perhitungan tan δ dan kapasitansi bushing primer trafo unit 3 GI Kebasen 150 kV. Pengujian tan δ dan kapasitansi menjadi metode dalam menentukan kondisi bushing primer pada penelitian ini. Hasil dari perhitungan akan dilakukan analisa dengan metode komparatif terhadap batasan standar yang digunakan PT. PLN (Persero) merujuk pada IEC 60317 dan harus memenuhi nilai minimal yaitu <0,7% untuk nilai tan δ dan <±10% untuk nilai persentase perubahan kapasitansi bushing. Dalam penelitian ini terdapat pemburukan pada nilai tan δ bushing fasa S sebesar 1,26% dan fasa T 0,64% sehingga dilakukan penggantian pada bushing untuk menghindari kerusakan yang lebih besar. Kata kunci : Trafo, Bushing, tan δ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39915

Actions (login required)

View Item View Item