Widyana, Vanya Putrie (2025) PENGARUH TERAPI SENSORI INTEGRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Psikologi_30702100001_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Psikologi_30702100001_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi sensori integrasi dalam meningkatkan kemampuan menulis anak berkebutuhan khusus di N-Ergy Psychology Center. Sampel pada penelitian sebanyak 3 subjek terapi psiko motor di N-Ergy Psychology Center. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) desain A-B-A’. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur tes tracing, Beery VMI disertai dengan subtes Visual Perception, subtes Motor Coordination dan observasi tulisan tangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis visual melalui bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terapi sensori integrasi dalam meningkatkan kemampuan anak berkebutuhan khusus dengan merujuk pada peningkatan frekuensi tes tracing, peningkatan skor Beery VMI, subtes Visual Perception, Motor Coordination, dan observasi tulisan tangan saat fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 Kata kunci: Terapi Sensori Integrasi, Kemampuan Menulis, Anak Berkebutuhan Khusus, Single Subject Research
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |