HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA RANTAU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Choirunisak, Intan (2024) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA RANTAU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30702000092_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30702000092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau Fakultas Ekonomi dan Bisnid Prodi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 151 mahasiswa rantau sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup skala kesejahteraan psikologis yang terdiri dari 28 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,884 dan skala dukungan sosial teman sebaya yang terdiri dari 16 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,869. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis, dengan rxy = 0,430 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya yang diterima, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan psikologis yang dirasakan mahasiswa rantau. Kata Kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa Rantau

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Mar 2025 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38253

Actions (login required)

View Item View Item