GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT SARI ASIH KARAWACI

HENDRAWATI, NOFA (2024) GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT SARI ASIH KARAWACI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902300098_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902300098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Latar Belakang : Indikator mutu pelayanan medis di rumah sakit tercermin dari kepuasan pasien terhadap pelayanan medis yang diterimanya . Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan merupakan penilaian menyeluruh suatu pelayanan dan keunggulan. Kemenkes (2016) tentang Standar Pelayanan Minimal untuk kepuasan pasien yaitu diatas 95%. Berdasarkan data di RS Sari asih Karawaci diambil dari wawancara 10 pasien ditemukan 70 % merasa puas tentang pelayanan di RS Sari Asih Karawaci. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat inap di Rumah Sakit Sari Asih Karawaci. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bersifat kuantitatif . Sampel penelitian ini berjumlah 103 responden dengan non probability sampling. Metode pengukuran nya menggunakan kuesioner kepuasan pasien. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan dibantu program SPSS Hasil : Berdasarkan hasil analisa di peroleh bahwa dari 103 responden penelitian , sebagian besar karakteristik responden dengan umur tertinggi 36-45 tahun dengan jumlah 39 responden (37.9%), jenis kelamin tertinggi laki-laki 58 responden (56,3%). Hasil penelitian juga menunjukan sebagian besar merasa sangat puas 65 responden (63,1%). Hampir setengahnya 37 responden (35.9%) dan sebagian kecil 1 responden (1%) merasa tidak puas. Kesimpulan : Sebagian besar responden merasa sangat puas terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran rawat inap Rumah Sakit Sari Asih Karawaci dengan persentase 63.1%. Kemudian sebesar 35.9% responden merasa puas. Dan sisanya hanya sebesar 1.0% responden merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran rawat inap Rumah Sakit Sari Asih Karawaci Kata kunci : Kepuasan Keluarga pasien, Kualitas Pelayanan, Pendaftaran rawat inap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37135

Actions (login required)

View Item View Item