Strategi Komunikasi Dalam Membangun Citra Perusahaan PT Arutmin Indonesia Senakin Site Melalui Program Corporate Social Responsibility

Tunisa, Wahyu Rondhiah (2024) Strategi Komunikasi Dalam Membangun Citra Perusahaan PT Arutmin Indonesia Senakin Site Melalui Program Corporate Social Responsibility. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000140_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000140_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT Arutmin Indonesia Senakin Site dalam upaya membangun citra perusahaan yang mana aktivitas operasional memiliki dampak signifikan terhadap lingkungan. Pesan komunikasi terencana melalui program Corporate Social Responsibility. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme Penelitian menggunakan konsep strategi komunikasi PR Cutlip dan Center pada tahapan manajemen pendekatan, komunikasi CSR dan strategi branding untuk membangun citra perusahaan serta didukung teori Stakeholder oleh Edward Freeman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa strategi komunikasi perusahaan PT Arutmin Indonesia Senakin Site melalui Community Development dalam aktivitas Public Relations sudah cukup baik, mencakup beberapa tahapan, diantaranya pencarian data atau fakta (fact finding) mengenai apa yang menjadi masalah di masyarakat, perencanaan (planning) meliputi target sasaran, menentukan wilayah, pembentukan tim, bentuk kegiatan dan tolak ukur keberhasilan, lalu komunikasi (communication) dalam pelaksanaan dan evaluasi (evaluation) bagaimana menilai manfaat yang telah dilakukan. Program Corporate Social Responsibility dibuat dalam kegiatan program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat(PPM) yang dilaksanakan menyesuaikan target yang relevan terhadap kebutuhan yang ada agar bentuk dukungan dapat menjadi pesan terencana yang mudah dipahami dan bermanfaat bagi lingkungan, ekonomi dan masyarakat sebagai bentuk komitmen perusahaan dengan upaya kemandirian berkelanjutan. Keterbatasan dalam penelitian ini ada pada lokasi geografis yang mana setiap lokasi memiliki karakteristik yang unik yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, bisa dari tingkat pendidikan, pendapatan dan kebiasaan masyarakat sehingga hasil dari penelitian di satu lokasi mungkin tidak dapat diterapkan secara langsung ke lokasi lain dengan karakteristik yang berbeda. Kata Kunci : Strategi komunikasi, Public Relations, Corporate Social Responsibility

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36645

Actions (login required)

View Item View Item