INDRIAWATI, TRI KURNIA (2024) ANALISIS AKTIVITAS HAMBATAN SAMPING RUAS JALAN TLOGOSARI RAYA TERHADAP KINERJA SIMPANG BERSINYAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000062_fullpdf.pdf Download (58MB) |
|
Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000062_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
Abstract
Kinerja suatu simpang bersinyal dapat ditinjau dari beberapa aspek, seperti kapasitas simpang, ars lalu lmtas, volume lalu lintas tundaan dan Jain sebagainya. Aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja simpang bersinyal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti geometrik jalan, hambatan samping, dan sebagainya. Simpang Bersinyal Lima Tlogosari merupakan salah satu simpang bersinyal di Kota Semarang yang memiliki kondisi cukup runyam pada setiap lengan simpang. Dari kelima lengan simpang tersebut, penelitian ini berfokuskan pada lengan utara simpang atau ruas Jalan Tlogosari Raya. Ciri khas dari lokasi penelitian ini yaitu ruas Jalan Tlogosari Raya dipenuhi oleh aktivitas perdagangan dan jasa. Maka dari itu, fokus permasalahan yang akan dibahas yaitu mengenai hubungan antara hambatan samping dan aspek-aspek kinerja simpang bersinyal (arus lalu lintas dan tundaan lalu lintas). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hambatan sampmg memberikan pengaruh secara signifikan terhadap kinerja simpang bersinyal. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan yaitu deduktif kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Berdasarkan basil anal is is data, hambatan samping pada lokasi studi termasuk pada kelas tinggi dan sangat tinggi, serta kinerja simpang bersinyal termasuk dalam kategon baik karena memiliki nilai derajat kejenuhan < 0,85. Kondisi arus lalu lintas pada lokasi studi termasuk pada kategori cukup stabil, namun kecepatan kendaraan relatif rendah dan adanya hambatan samping. Setelah dilakukan analisis regresi linear berganda, dapat disimpulkan bahwa hambatan samping memiliki pengaruh simultan secara signifikan terhadap arus lalu lintas dan tundaan lalu lintas. Namun dalam pengujian secara parsial, jenis hambatan samping yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap arus lalu lintas dan tundaan lalu lintas yaitu kendaraan berhenti dan kendaraan keluar masuk. Kata Kunci: Hambatan Samping, Kinerja Simpang Bersinyal, Pengaruh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36328 |
Actions (login required)
View Item |