HUBUNGAN ANTARA HUSNUZAN DAN MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Murtiningsih, Murtiningsih (2024) HUBUNGAN ANTARA HUSNUZAN DAN MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30702000136_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30702000136_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Husnuzan bukan sekedar berpikir positif karena melibatkan seluruh potensi fitrah manusia dan keyakinannya kepada Allah SWT. Motivasi belajar intrinsik sangat penting dimiliki mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Idealnya belajar didorong oleh kesadaran mencari ilmu sebagai ibadah (Anggraini, 2019). Sementara, prokrastinasi adalah perilaku merugi karena tidak memanfaatkan waktu (Al-'Asr: 1-3). Melalui simple random sampling didapatkan. 57 subjek mahasiswa Fakultas Agama Islam yang mengerjakan skripsi. Tiga alat ukur yang dibuat: Skala husnuzan (Rusydi, 2012), skala prokrastinasi akademik (Ferrari, Jhonson, McCown, 1995), modifikasi skala motivasi belajar intrinsik (Widiarti & Diponegoro, 2021). Hasil uji regresi berganda menunjukkan adanya hubungan signifikan antara husnuzan, motivasi belajar intrinsik, dan prokrastinasi akademik (R= 0,520, Fhitung = 10,005, p<0,01). Uji korelasi parsial menunjukkan hubungan negatif husnuzan dengan prokrastinasi akademik secara signifikan (rx1y= -0,432, p<0,01). Demikian pula uji korelasi parsial antara motivasi belajar intrinsik dengan prokrastinasi akademik menunjukkan hubungan negatif yang signifikan (rx2y= -0,452 , p<0,01). Kata Kunci: Husnuzan, Motivasi Belajar Intrinsik, Prokrastinasi Akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35444

Actions (login required)

View Item View Item