HUBUNGAN ANTARA MINDFULNESS DENGAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Mananna, Zakiyyatudin (2024) HUBUNGAN ANTARA MINDFULNESS DENGAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30701900183_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30701900183_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara mindfulness dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan angkatan 2021 dengan jumlah populasi sebanyak 240. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi dengan jumlah responden sebanyak 87 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yakni skala stres akademik dari rangkaian skala perceived sources of academic resources sebanyak 18 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,847 dan skala mindfulness dari rangkaian skala mindful attention awareness scale sebanyak 15 aitem dengan reliabilitas 0,930. Hasil analisis korelasi pearson diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = -0,601 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara mindfulness terhadap stres akademik. Dimana semakin tinggi mindfulness maka akan semakin rendah juga stres akademik pada mahasiswa. Kata Kunci: Stres Akademik, Mindfulness.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35397

Actions (login required)

View Item View Item