EFEKTIFITAS MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Chotimah, Siti Chusnul (2024) EFEKTIFITAS MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000114_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000114_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui EFEKTIFITAS model jigsaw berbantuan media puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajara IPAS di sekolah dasar. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di SD Islam Sultan Agung 4. Sampel penelitian ini berjumlah 58 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 29 orang siswa kelas 5A sebagai kelas kontrol dan 29 orang siswa kelas 5B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model jigsaw berbantuan media puzzle efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di sekolah Dasar hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji independent sample t-test bahwa bahwa sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, pada perhitungan uji paired sample ditunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menggunakan model jigsaw berbantuan media puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata kunci : Model jigsaw, Media Puzzle, Kamampuan berpikir kritis, IPAS, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:16
Last Modified: 09 Aug 2024 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35341

Actions (login required)

View Item View Item