Pengaruh Struktur Dewan terhadap Kinerja Keuangan: Peran mediator Skor Environmental Social Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Publik Pasar Berkembang ASEAN yang terdaftar di Database Bloomberg Periode Tahun 2013-2019).

Ihbal, Ahmad (2024) Pengaruh Struktur Dewan terhadap Kinerja Keuangan: Peran mediator Skor Environmental Social Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Publik Pasar Berkembang ASEAN yang terdaftar di Database Bloomberg Periode Tahun 2013-2019). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Akuntansi_21402200028_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Akuntansi_21402200028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Struktur dewan merupakan faktor penting dalam memaksimalkan kinerja perusahaan. Penelitian ini meneliti peran mediator skor Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam hubungan antara struktur dewan dan kinerja keuangan di pasar negara berkembang. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di ASEAN tahun 2013-2019. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan analisis mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan tidak secara signifikan mempengaruhi kinerja keuangan, khususnya dalam hubungan dengan Return on Assets. Meskipun ukuran dewan tidak secara konsisten mempengaruhi skor ESG, efektivitasnya bergantung tata kelola dewan. Independensi dewan ditemukan dapat menurunkan ROA jangka pendek, namun penting untuk pengawasan dan pengurangan konflik, serta meningkatkan skor ESG. Proporsi perempuan dalam dewan tidak secara signifikan mempengaruhi kinerja keuangan, karena tim homogen cenderung lebih kooperatif dan perempuan cenderung menghindari risiko. Selain itu, proporsi perempuan tidak secara signifikan mempengaruhi skor ESG. Penelitian juga menemukan bahwa skor ESG dapat menurunkan kinerja keuangan karena biaya tambahan yang terlibat, dan skor ESG bukan merupakan indikator tunggal efektivitas dewan, menunjukkan perlunya strategi ESG yang komprehensif. Kata Kunci: Struktur Dewan, Skor ESG, Kinerja Keuangan, Pasar Berkembang ASEAN.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:12
Last Modified: 29 Jul 2024 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34913

Actions (login required)

View Item View Item