ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DEPAN PUSAT PERBELANJAAN (MALL DAN RUKO) STUDI KASUS JLN.H.ABDULLAH SILONDAE KEC.MANDONGAKOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Yusuf, Isan and S.Halik, La Ode Muhammad Taufik (2015) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DEPAN PUSAT PERBELANJAAN (MALL DAN RUKO) STUDI KASUS JLN.H.ABDULLAH SILONDAE KEC.MANDONGAKOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar ISi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Kota Kendari adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Berdasarkan jenis permukaan terdapat sekitar 74,80 persen beraspal sedangkan jalan yang berkondisi rusak sekitar 22,68 persen. Pada tahun2005, jenis sarana angkutan darat umum seperti sedan taksi berjumlah 773 buah, truck barang 1.218 buah dan mobil penumpang jenis mikrolet (mini bus/12-32 seat) sebanyak 3.999 buah. Tahapan kegiatan yang di lakukan adalah pengumpulan data primer seperti jumlah kendaraan yang melintas pada ruas jalan, hambatan samping ruas jalan dan data sekunder, seperti data pertumbuhan kepemilikan bermotor, data jumlah penduduk. Adapun analisis kinerja ruas jalan di lakukan berdasarkan empat tahapan yaitu Kapasitas Dasar (C 0 ), Fa�or penyesuaian akibat lebar jalur lalu lintas (F ), Faktor penyesuaian akibat pemisah arah (FC sp ), dan Faktor penyesuaian akibat hambatan samping (FC cw ). Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan perhitungan manual counting, yaitu dengan sf menghitung jumlah Kendaraan dalam durasi 3 menit dengan jenis klasifikasi Kendaraan ringan (Light Vehicle/LV) yang terdiri dari Jeep,Station Wagon, Colt, Sedan, Bis Mini, Combi, Pick Up), Kendaraan Berat (Heavy Vehicle/HV) yang terdiri dari Bus dan Truck, dan Sepeda Motor (Motorcycle/MC).Data hasil survey per-jenis kendaraan tersebut selanjutnya di konversikan dalam Satuan Mobil Penumpang (SMP) guna menyamakan tingkat penggunaan ruang keseluruhan jenis kendaraan. Untuk mengetahui Derajad kejenuhan (DS) dan Tingkat Pelayanan (Level Of Service),lalu lintas pada Jl.H.Abdullah Silondae maka di lakukan survey langsung di lapangan untuk mengetahui arus lalu lintas yang terjadi di sepanjang Jl. H.Abdullah Silondae, maka di adakan perhitungan dimana : DS = Q/C. Dari hasil olah data nampak bahwa kinerja ruas jalan tersebut mempunyai tingkat pelayanan C dimana kondisi ruas jalannya Stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan di kendalikan, dengan memberikan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,50. Setelah di lakukan perhitungan prediksi arus lalu lintas untuk beberapa tahun ke depan, maka di prediksikan pada tahun 2018 dengan arus lalu lintas sebesar 3034,04 smp/jam, memberikan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,82 dengan tingkat pelayanan D dimana arus mendekati stabil, tetapi setelah di lakukan perhitungan Jalan dengan memperbesar lebar efektif jalan sebesar 3,575 m per lajur (F 1,068) ternyata hanya mampu mengatasi kemacetan sampai tahun 2019, dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,70 dan pada tahun 2020 mempunyai nilai derajat kejenuhan sebesar 0,82. cw = Kata Kunci : Volume, Kapasitas, Kondisi Jalan, Derajad Kejenuhan (DS), Tingkat Pelayanan (Level of Service).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2016 07:25
Last Modified: 19 Feb 2016 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item