FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN PROFESI NERS DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA

Ayuningsih, Helmi (2015) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN PROFESI NERS DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI_Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI_Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI_Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa S1 Keperawatan Untuk Melanjutkan Profesi Ners Di Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA. 70 hal + 12 tabel + xvii Latar Belakang : Motivasi adalah suatu rantai reaksi yang dimulai dari adanya kebutuhan, kemudian timbul keinginan untuk memuaskannya (mencapai tujuan), sehingga menimbulkan ketegangan psikologis yang akan mengarahkan perilaku kepada tujuan (kepuasan). Motivasi yang dimiliki seorang mahasiswa akan memberikan dorongan tersendiri untuk melanjutkan pendidikan keperawatan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam motivasi mahasiswa keperawatan S1 untuk melanjutkan profesi Ners di Fakultas Ilmu keperawatan UNISSULA. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survei analitik melalui pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 86 mahasiswa dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan uji chi-square dan regresi logistik. Hasil : Hasil analisis dari 86 responden, penelitian ini menunjukkan hasil 84,9% motivasi mahasiswa tinggi, 79,1% cita-cita mahasiswa tinggi, 72,1% kondisi lingkungan keluarga tinggi, dan 80,2% dukungan keluarga tinggi. Hasil uji chi-square cita-cita dalam motivasi diperoleh p-value = 0,005 (p<0,05), kondisi lingkungan belajar dan motivasi p-value 0,176 (p>0,05), dan dukungan keluarga p-value 0,003 (p<0,05). Hasil uji regresi logistik dukungan keluarga mempunyai nilai OR tertinggi yaitu 4,966. Kesimpulan : Ada pengaruh cita-cita dengan motivasi mahasiswa S1 keperawatan (p-value 0,005), ada pengaruh dukungan keluarga dengan motivasi mahasiswa S1 Keperawatan (p-value 0,003) dan tidak ada pengaruh kondisi lingkungan belajar dengan motivasi mahasiswa S1 Keperawatan (p-value 0,176). Faktor paling berpengaruh adalah dukungan keluarga (OR 4,966) Kata Kunci : Motivasi, Cita-Cita, Kondisi Lingkungan Belajar, Dukungan Keluarga Daftar Pustaka : 44 (2004-2014)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Aug 2015 03:39
Last Modified: 11 Aug 2015 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item