PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Faizah, Anissatul (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000017_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000017_pernyataan_publikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR) terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR) terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre experimental designs (non designs) dengan menggunakan one group pretest-postest design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gaji 1 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji sample paired t-test, dan uji n-gain. Dari uji sample paired t-test bahwa rata-rata hasil pretest adalah 57,8 sedangkan rata-rata hasil postest adalah 86,4. Nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 yang berarti nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Jadi, kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1. Kata Kunci : pembelajaran berdiferensiasi, model MNR, komunikasi matematis, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:03
Last Modified: 11 Jul 2024 02:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34480

Actions (login required)

View Item View Item