Faizah, Anissatul (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000017_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000017_pernyataan_publikasi.pdf Download (115kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR) terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR) terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre experimental designs (non designs) dengan menggunakan one group pretest-postest design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gaji 1 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji sample paired t-test, dan uji n-gain. Dari uji sample paired t-test bahwa rata-rata hasil pretest adalah 57,8 sedangkan rata-rata hasil postest adalah 86,4. Nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 yang berarti nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Jadi, kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1. Kata Kunci : pembelajaran berdiferensiasi, model MNR, komunikasi matematis, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:03 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34480 |
Actions (login required)
View Item |