PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL (MODAL PSIKOLOGIS) TERHADAP JOB HOPPING INTENTION PADA PEKERJA GENERASI Z

Amanah, Ana Nurul (2024) PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL (MODAL PSIKOLOGIS) TERHADAP JOB HOPPING INTENTION PADA PEKERJA GENERASI Z. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30702000022_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30702000022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara psychological capital (modal psikologis) terhadap job hopping intention pada pekerja generasi Z di Indonesia. Job hopping intention pada penelitian ini mengacu pada kecenderungan seorang pekerja untuk berganti pekerjaan atau berpindah organisasi secara sukarela, meskipun baru bekerja dalam waktu yang singkat, yaitu kurang dari dua tahun (Lake, dkk., 2017). Dari data yang dikumpulkan sebanyak 103 subjek pekerja generasi Z berpartisipasi dalam pengisian kuesioner yang disebar secara online. Penelitian ini menggunakan alat ukur Psychological Capital Questionnaire (PCQ) dari Luthans, dkk. (2007) yang disusun berdasarkan 4 dimensi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.890. Selain itu, menggunakan alat ukur Job Hopping Motives Scale dari Lake, dkk. (2017) yang disusun berdasarkan 2 dimensi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,910. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai R=0,207 dengan signifikansi 0,036 (p <0,05), hal ini menunjukkan modal psikologis memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel job hopping intention. Kata Kunci : Modal Psikologis, Job Hopping Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 07:13
Last Modified: 06 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34429

Actions (login required)

View Item View Item