PENERAPAN METODE MENULIS AL-QUR’AN FOLLOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN KEDEKATAN IBU DENGAN ANAK USIA DINI: STUDI KASUS DI TKQ KECAMATAN CEPIRING

Putri, Aulia Rahmawati (2024) PENERAPAN METODE MENULIS AL-QUR’AN FOLLOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN KEDEKATAN IBU DENGAN ANAK USIA DINI: STUDI KASUS DI TKQ KECAMATAN CEPIRING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30702000039_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Psikologi_30702000039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Ibu memiliki tanggung jawab untuk mendidik dan membimbing anak dalam mencapai tujuan dan tahapan dalam proses pembelajaran. Menulis Al-Qur’an merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki terutama pada anak usia dini. Salah satu proses pembelajaran yang menggabungkan antara belajar Al-Qur’an dan aktifitas psikomotor anak usia dini adalah metode follow the line. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode menulis Al-Qur’an follow the line dalam membina kedekatan ibu dan anak usia dini dan mengetahui hasil dan manfaat penerapan metode menulis Al-Qur’an follow the line bagi ibu dan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi secara berkala, wawancara, dan dokumentasi dari tiga pasang partisipan ibu dan anak. Penelitian yang dipilih melalui metode purposive sampling. Adapun kriteria subjek penelitian adalah anak usia dini yang berusia enam tahun yang memiliki kesulitan dalam menulis Al-Qur’an dan kurang memiliki kedekatan dengan ibu. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penerapan metode menulis Al-Qur’an follow the line untuk meningkatkan kedekatan ibu dengan anak usia dini berhasil dilaksanakan hingga selesai juz 30. (2) kedekatan dengan ibu terjalin dengan baik melalui proses pembelajaran menulis Al-Qur’an follow the line secara bersama-sama. (3) kemampuan anak dalam menulis Al-Qur’an mengalami peningkatan dan perkembangan. Kesimpulan metode menulis Al-Qur’an follow the line dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan psikologis pada anak usia dini, bahkan pada ibu. Kata Kunci : Metode Follow The Line, Kedekatan Ibu Dan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:14
Last Modified: 09 Jul 2024 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34425

Actions (login required)

View Item View Item