ANALISA DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI BOREDPILE MENGGUNAKAN METODE MEYERHOF, REESE & WRIGHT, POULOS & DAVIS DAN PROGRAM PLAXIS ( STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA- NYIA KULON PROGO PAKET 1.1)

Aryaji, Ariz and Darmawan, Rizal Rafi (2024) ANALISA DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI BOREDPILE MENGGUNAKAN METODE MEYERHOF, REESE & WRIGHT, POULOS & DAVIS DAN PROGRAM PLAXIS ( STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA- NYIA KULON PROGO PAKET 1.1). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202100239_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202100239_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Infrastruktur merupakan salah satu faktor penunjang untuk meningkatkan sektor ekonomi. Dengan dibangunnya infrastruktur yang terintegrasi akan memudahkan konektifitas antar wilayah sehingga dapat meningkatkan ekonomi wilayah tersebut. Pada bangunan infrastruktur sipil akan di topang dengan pondasi, maka dari itu pondasi memiliki pengaruh pada keamanan dan kestabilan bangunan yang berada di atasnya. Pondasi berfungsi untuk menyalurkan beban ke dalam lapisan tanah. Pondasi bored pile adalah salah satu pondasi yang sering digunakan pada proyek konstruksi. Tugas Akhir ini membahas pada Proyek Pembangunan Jalan tol Solo- Yogyakarta- Nyai Kulon Progo paket 1.1. Pada Tugas Akhir ini akan dihitung daya dukung bored pile berdasarkan data Standart Penetration Test (SPT) yang telah ditetapkan, Tujuan dari analisaa menggunakan metode Mayerhoff (1976), Resse & Wright (1977), Poulos Davis (1980) dan mengetahui penurunan tanah dari metode Poulos Davis dan Program Plaxis 8.2, serta daya dung tiang akibat beban lateral dengan metode broms (1964). Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan nilai daya dukung tiang tunggal dengan metode Mayerhoff (1976) memiliki nilai sebesar 451,458 ton, Resse & Wright (1977) sebesar 584,62 ton. Nilai penurunan tunggal dengan metode Poulos Davis sebesar 0,007462 m dengan metode Program Plaxis 8.2 sebesar 0,00847 m. Nilai daya dukung tiang akibat beban lateral dengan metode broms (1964) didapatkan nilai sebesar 131,684 ton Kata Kunci: Infrastruktur; Pondasi; Daya Dukung; Penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:50
Last Modified: 12 Jun 2024 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34410

Actions (login required)

View Item View Item