Amalina, Iffa Khoirotul (2024) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) UIN WALISONGO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Psikologi_30702000086_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Psikologi_30702000086_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang. Sampel yang terlibat pada penelitian ini sejumlah 142 kemudian di gugurkan 11 responden karena tidak sungguh-sungguh dalam mengisi skala sehingga tersisa 131 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur. Skala dukungan sosial teman sebaya terdiri dari 30 aitem, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,917. Skala academic burnout terdapat 15 aitem, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,86. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi product moment pearson. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien rxy sebesar -0,371 dengan taraf signifikansi 0,000 (p=<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir FEBI UIN Walisongo Semarang, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Sumbangan efektif dari variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 13,7% yang diperoleh dari (rxy)2 x 100%. Artinya 86,3% academic burnout dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata kunci: academic burnout, dukungan sosial teman sebaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34390 |
Actions (login required)
View Item |