Aulia, Ananda Meisya (2024) GAMBARAN ADVERSITY QUOTIENT PADA GURU YANG MENGAJAR DI DAERAH PELOSOK (SEBUAH STUDI KASUS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Psikologi_30702000249_fullpdf.pdf Download (823kB) |
|
Text
Psikologi_30702000249_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terbentuknya adversity quotient pada guru-guru yang mengajar di daerah pelosok. Adversity quotient adalah kemampuan atau kecerdasan individu dalam menghadapi tantangan atau kesulitan sehingga mampu bertahan dan mencari peluang atau menemukan jawaban atas setiap permasalahan yang dihadapi agar dapat meraih apa yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam (in-depth interview) kepada 4 pasrtisipan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria partisipan penelitian ini terdiri atas guru yang bekerja di daerah pelosok dan tidak tinggal di daerah pelosok baik laki-laki maupun perempuan, durasi lama kerja minimal 5 tahun, dan status kepegawaian dapat sebagai guru PNS, PPPK, maupun guru honorer. Analisis data menggunakan pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tema yang merepresentasikan faktor yang mempengaruhi daya juang dan dimensi yang membentuk adversity quotient guru yang mengajar di daerah pelosok yakni : (1) Motivasi Untuk Tidak Menyerah; (2) Komitmen Terhadap Tugas; (3) Pengendalian Diri Yang Baik; dan (4) Dukungan dari pihak diluar dirinya. Kata Kunci : adversity quotient, Guru yang Mengajar di Daerah Pelosok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 May 2024 06:37 |
Last Modified: | 31 May 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34334 |
Actions (login required)
View Item |