PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PADI VARIETAS INPARI 32 DI DAERAH DEMAK DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

Almahdi, Bardad (2023) PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PADI VARIETAS INPARI 32 DI DAERAH DEMAK DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Informatika_32602000017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32602000017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan guna mengembangkan sistem pakar diagnosa penyakit tanaman Padi Varietas Inpari 32 di daerah Demak, dimana menggunakan metode Certainty Factor. Di dalam desain sistemnya menggunakan pengetahuan petugas di bidang pengendali organisme pengganggu tumbuhan di daerah Demak. Selain itu penggunaan Certainty Factor digunakan untuk meningkatkan nilai kepastian dari proses diagnosa penyakit Padi. Dalam sistemnya pengguna diminta memasukkan gejala yang sedang menjangkit tanaman Padi. kemudian sistem akan ¬memberikan hasil diagnosa berdasarkan tingkat keyakinan yang telah diberikan oleh ahli sebelumnya. Dimana hasil akhir dari sistem ini ialah berupa diagnosa pakar mengenai presentase atau keyakinan pakar terhadap suatu penyakit serta saran mengenai pencegahan dan penanggulangan penyakit. Pengembangan ini menunjukkan bahwasannya metode Certainty Factor dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit pada tanaman padi melalui gejala yang telah dipilih sebelumnya. Yang dimana pengujian dilakukan dengan menggunakan empat gejala pada penyakit Blass yang menghasilkan nilai akhir berupa 0.904. Metode Certainty Factor sendiri memiliki rentang nilai sebesar -1 hingga 1, dimana semakin mendekati poin positif maka menunjukkan kecenderungan yang kuat. Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Diagnosa Penyakit, Tanaman Padi, Inpari 32, Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 03:16
Last Modified: 17 May 2024 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34041

Actions (login required)

View Item View Item