ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI MASLAHAH PRODUCT UNIQUENESSS PADA UKM KULINER DI JAWA TENGAH

Nurudin, Nurudin (2024) ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI MASLAHAH PRODUCT UNIQUENESSS PADA UKM KULINER DI JAWA TENGAH. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000007_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sebuah model konseptual baru yang dapat mengisi theory gap, fenomena gap dan research gap antara Islamic customer orientation, competitor orientation dan Islamic innovativeness dengan marketing performance yang berpusat pada konsep maslahah product uniquenesss (halal product uniquenesss, thoyyib product uniquenesss dan religio-centric attribute product uniquenesss). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden Pimpinan UKM Kuliner di Jawa Tengah sebanyak 385 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini Structural Equation Modelling (SEM) dengan paket statistik AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep baru maslahah product uniquenesss (halal product uniquenesss, thoyyib product uniquenesss dan religio-centric attribute product uniquenesss) yang mampu memediasi pengaruh Islamic customer orientation, competitor orientation dan Islamic innovativeness dengan marketing performance. Hasil empirik menunjukkan masing-masing variabel Islamic customer orientation, competitor orientation, Islamic innovativeness berpengaruh signifikan terhadap halal product uniquenesss. Islamic customer orientation, competitor orientation, Islamic innovativeness berpengaruh signifikan terhadap thoyyib product uniquenesss. Islamic customer orientation, Islamic innovativeness berpengaruh signifikan terhadap religio- centric attribute product uniquenesss. Competitor orientation tidak berpengaruh signifikan terhadap religio-centric attribute product uniquenesss. Halal product uniquenesss, thoyyib product uniquenesss, religio-centric attribute product uniquenesss berpengaruh signifikan terhadap marketing performance. Hasil penelitian memberikan sejumlah impilkasi manajerial bagaimana meningkatkan maslahah product uniquenesss berupa halal product uniquenesss, thoyyib product uniquenesss, religio-centric attribute product uniquenesss untuk dapat menjadi keunggulan posisional dan sumber peningkatan marketing performance. Kata Kunci : Islamic customer orientation, competitor orientation, Islamic innovativeness, maslahah product uniquenesss, marketing performance

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 28 May 2024 02:27
Last Modified: 28 May 2024 02:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33989

Actions (login required)

View Item View Item