MODEL HUBUNGAN ANTARA PANJANG EXIT RAMP JALAN TOL DENGAN KINERJA JALAN ARTERI SEKUNDER

Subiantoro, Widiyo (2024) MODEL HUBUNGAN ANTARA PANJANG EXIT RAMP JALAN TOL DENGAN KINERJA JALAN ARTERI SEKUNDER. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Doktor Teknik Sipil_10201900012_fullpdf.pdf

Download (24MB)
[img] Text
Doktor Teknik Sipil_10201900012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Exit ramp jalan tol sering terjadi kemacetan saat bergabung dengan ruas jalan arteri sekunder sekitar jalan tol pada jam-jam puncak pagi atau sore hari disebabkan perkembangan gunalahan sekitar jalan tol seperti kawasan industri, perumahan, perkantoran ataupun pusat bisnis. Jalan tol Jakarta-Cikampek (JAPEK) sebagai penghubung salah satu jalur utama Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya yang dibangun sejak 1988 dan Jakarta Omer Ring Road (JORR) yang juga mmerupakan penghubung salah satu jalur utama Jakarta dengan kota-kota di wilayah Barat dan Tengah yang dibangun sejak 1990. Pada penelitian dissersi ini berfokus menganalisa kinerja jalan exit ramp (keluaran ramp) terhadap jalan non tol. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisa model hubungan antara exit ramp jalan tol dengan kinerja jalan arteri sekunder di sekitar jalan tol, dimana kinerja jalan akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kelancaran lalu lintas. Dalam penelitian ini digunakan data lalulintas dari hasil survei primer dari beberapa exit ramp jalan tol Japek dan JORR. Pengumpulan data yang mencakup informasi mengenai volume lalulintas, kecepatan, waktu perjalanan dan tingkat kepadatan pada lokasi yang relevan. Metode analisis statistik SEM PLS4 dan Simulasi PTV VISSIM digunakan untuk mengidentifikasi dan memodelkan hubungan antara exit ramp jalan tol dan kinerja jalan arteri sekunder. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara exit ramp dan kinerja jalan lokal di sekitarnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi kinerja jalan adalah Volume Lalu lintas dan penurunan kecepatan dilokasi jalan terdekat. Temuan ini dapat menjadikan wawasan yang penting bagi pengambil keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan lalu lintas jalan tol. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa sangat penting untuk memahami dan bagaimana mengelola pengaruh exit ramp terhadap kinerja persimpangan jalan tol dengan jalan arteri sekunder. Berdasarkan pemahaman yang lebih baik mengenai pola hubungan ini, maka usaha perbaikan dan pengoptimalan dapat dilakukan dalam meningkatkan kondisi lancarnya lalu lintas disekitar jalan tol. Kurangnya kesempurnaan dari penilitian ini semoga dapat memberikan dasar untuk peneltian lanjutan serta pengembangan yang lebih effisien dan efektif untuk lanjutan dan pengembangan strategi yang lebih efektif dalam mengelola lalu lintas simpang exit ramp dan jalan arteri sek under sekitar jalan tol. Kata Kunci : Exit Ramp, Kinerja Jalan, Jalan Arteri Sekunder, Panjang Antrian, VISSIM

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2024 02:57
Last Modified: 16 May 2024 02:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33970

Actions (login required)

View Item View Item