DARMADI, DARMADI (2024) PERHITUNGAN KAPASITAS JALAN DENGAN MODEL LALU LINTAS MJCROSCOPICS (STUDI KASUS JALAN TOL JABOTABEK). Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Doktor Teknik Sipil_10201900002_fullpdf.pdf Download (29MB) |
|
Text
Doktor Teknik Sipil_10201900002_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Perhitungan kapasitas jalan pada makroskopis. ruas selama ini didasarkan sehingga perlu adanya perumusan pembanding dalam perhitungan kapasitas mas jalan dengan menggunakan metode mikroskopis khususnya menggunakan model mobil-ikutan ( car following model ). Perhitungan dilakukan dengan mencari diferensiasi dari persamaan diferensial model mobil-ikutan. Model mobil-ikutan ini yang kemudian digunakan untuk membuat grafik yang menghasilkan arus teori lalulintas maksimum pada kecepatan tertentu yang merupakan kapasitas jalan. Perhitungan volume kendaraan pada masa sekarang sebaiknya memanfaatkan kemajuan teknologi You Only Look Once (YOLO) walaupun mobil terdeteksi hanya 4 (empat) jenis kendaraan saja. Permasalahan yang muncul adalah belum adanya perangkat lunak untuk menghitung volume kendaraan dengan lebih dari 4 jenis kendaraan. Masalah lainnya adalah perunya merumuskan kapasitas berdasar model mobil ikutan.. Tujuan penelitian ini adalah membuat perangkat lunak penghitung volume kendaraan dengan 7 (tujuh) jenis kendaraan, perumusan model mobil ikutan, penentuan kapasitas jalan, dan perhitungan Indeks Tingkat Pelayanan berdasar kapasitas. Metode penelitian dimulai dengan me ngumpulkan data video kendaraan di jalan tol di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Metode analisis penurunan persamaan menggunakan regrsi non-linier dari data yang diperoleh dari perangkat lunak YOLO-V5, dan hasilnya adalah persamaan model mobil ikutan yang merupakan fungsi percepatan kendaraan, jarak antar kendaraan dan perbedaan kecepatan kendaraan, a = 40.375 In (Dmax/D). Model mate matik car following yang didapat dibuat sebuah grafik habngan arus lalulintas dan kepadatan sehingga didapatkan kapasitas ruas jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapasitas ruas jalan per lajur diperoleh nilai 2475 smp/jam. Kata kunci: YOLO, mobil-ikutan, kapasitas jalan, mikroskopis
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Program Doktor Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 16 May 2024 02:59 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33968 |
Actions (login required)
View Item |