PERAN PEMBELAJARAN BERDASAR REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Pangesti, Aulia Endini Dewi (2023) PERAN PEMBELAJARAN BERDASAR REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30701900036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Psikologi_30701900036_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara strategi pembelajaran berdasar regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini terdiri dari 155 responden yaitu mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Ekonomi UNISSULA angkatan 2017, 2018, dan 2019. Teknik pengambilan sempel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala prokrastinasi akademik yang terdapat 18 aitem dengan koefisien reabilitas 0,934 dan skala pemelajaran berdasar regulasi diri terdapat 13 aitem dengan koefisian reabilitas 0,773. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan negatif antara pemelajaran berdasar regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Hasil dari analisis Spearman Rho diperoleh koefisien korelasi rho =-0,309 sehingga hipotesis diterima. Artinya semakin tinggi kemampuan pemelajaran berdasar regulasi diri maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik. Kata kunci: Belajar berdasar regulasi diri, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:03
Last Modified: 19 Jan 2024 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33254

Actions (login required)

View Item View Item