Surati, Sri (2023) ANALISIS RESEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND AMBASSADOR EXO DAN POSITIONING PRODUK DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE SCARLETT WHITENING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801900078_fullpdf.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801900078_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
Abstract
Saat ini, Scarlett Whitening tengah menggandeng EXO sebagai brand ambassadornya. Selain itu, Scarlett juga menjadi salah satu merek produk perawatan kulit lokal yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, dalam membangun bisnis yang baik, Scarlett Whitening tentu saja membutuhkan penilaian dari para konsumennya terlebih dengan ketatnya persaingan dalam industri kosmetik di Indonesia saat ini. Oleh karena itu,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi konsumen terhadap EXO sebagai brand ambassador dari Scarlett Whitening serta positioning produk Scarlett Whitening dalam meningkatkan brand imagenya itu sendiri. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer yang berupa wawancara dan data sekunder yang didapatkan dari buku, jurnal, dan internet. Landasan teori yang digunakan adalah Teori Analisi Resepsi dari Stuart Hall. Berdasarkan pada pengamatan serta analisa yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil bahwa resepsi konsumen terhadap EXO sebagai brand ambassador dalam meningkatkan brand image Scarlett Whitening berada dalam posisi dominant-hegemonict. Sedangkan, resepsi konsumen terhadap positioning produk dalam meningkatkan brand image Scarlett Whitening juga sebagian besar berada pada posisi dominant-hegemonict dengan satu resepsi yang berada pada negotiated position. Sehingga, peneliti menarik kesimpulan bahwasanya EXO sebagai brand ambassador dan positioning produk dari Scarlett Whitening membantu meningkatkan brand image dari Scarlett Whitening. Akan tetapi, informan yang didapatkan dalam penelitian ini sangat terbatas dengan latar belakang yang sama, sehingga diharapkan peneliti-peneliti selanjutnya dapat mencari informan yang lebih beragam agar informasi yang didapatkan juga lebih baik. Kata kunci: Resepsi Konsumen, Brand Ambassador, Positioning Produk, Brand Image
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:09 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32963 |
Actions (login required)
View Item |