PENILAIAN RESILIENSI SOSIAL MASYARAKAT TERDAMPAK BANJIR ROB BERDASARKAN KONSEP CLIMATE AND DISASTER RESILIENCE INITIATIVE (CDRI) (STUDI KASUS: KELURAHAN BANDENGAN, KENDAL)

PUSPITOTANTI, ENDAH (2023) PENILAIAN RESILIENSI SOSIAL MASYARAKAT TERDAMPAK BANJIR ROB BERDASARKAN KONSEP CLIMATE AND DISASTER RESILIENCE INITIATIVE (CDRI) (STUDI KASUS: KELURAHAN BANDENGAN, KENDAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
31202000075_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perubahan iklim dapat meningkatkan bahaya hidrometeorologi, salah satu dampak paling signifikan yang ditimbulkan adalah kenaikan permukaan air laut yang dapat menyebabkan banjir rob. Kelurahan Bandengan menjadi salah satu contoh daerah yang mengalami kerugian baik sosial maupun ekonomi selama bertahun-tahun akibat dari bencana banjir rob. Penelitian ini menggunakan konsep Climate and Disaster Resilience Initiative (CDRI) yang merupakan salah satu alat untuk mengukur tingkat resiliensi terhadap bencana hidrometeorologi, dimana salah satu contoh bencananya adalah banjir rob. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk menentukan bobot parameter maupun indikator, serta analisis skoring dan analisis deskriptif kualitatif untuk menentukan skor tiap parameternya. Berdasarkan hasil analisis didapatkan resiliensi sosial masyarakat yang terdampak banjir rob di Kelurahan Bandengan masuk dalam kategori kelas sedang yakni dengan nilai 3,24. Hasil nilai akhir resiliensi sosial ini menunjukkan bahwa ketahanan (resiliensi) sosial masyarakat di Kelurahan Bandengan ini masih perlu ditingkatkan. Meskipun banjir rob bukan suatu hal yang dapat merusak dalam waktu yang cepat, namun eksistensinya dalam waktu yang lama akan selalu menimbulkan kerugian pada masyarakat yang terdampak. Kata Kunci: Resiliensi Sosial, Banjir Rob, Climate and Disaster Resilience Initiative (CDRI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:32
Last Modified: 06 Nov 2023 01:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item