ANALISIS ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC) MODIFIKASI DENGAN PENAMBAHAN SLAG BAJA DAN RESIN UNTUK KONDISI JALAN YANG TERENDAM AIR PASANG (ROB)

Budiarto, Jorgi Dwi Agung and Kurniawan, Aditya (2023) ANALISIS ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC) MODIFIKASI DENGAN PENAMBAHAN SLAG BAJA DAN RESIN UNTUK KONDISI JALAN YANG TERENDAM AIR PASANG (ROB). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
30201800098_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak hal yang meinyeibabkan keiruisakan pada konstruiksi jalan, antara lain akibat peingaruih beiban lalui lintas keindaraan yang beirleibihan, teimpeiratuir, air (geinangan), dan konstruiksi peirkeirasan yang kuirang meimeinuihi peirsyaratan teiknis. Air (geinangan) meiruipakan salah satui peinyeibab keiruisakan ataui meinguirangi keiaweitan bagi konstruiksi jalan deingan peirkeirasan aspal. Meitodei yang akan diguinakan dalam peineilitian ini adalah peineilitian peircobaan (eixpeirimeint). Data yang dipeiroleih keimuidian diolah deingan meimpeirhatikan syarat-syarat ataui standar speisifikasi yang teilah diteintuikan, seihingga meindapatkan hasil peirbandingan yang diinginkan. Nilai yang dihasilkan uintuik peingguinaan slag baja yaitui 25% dan 50% lalui uintuik kadar Reisin yaitui 0%, 5%,7% dan 10% dari hasil peinguijian yang teilah dilakuikan meindapatkan nilai VMA 10,720%, 9,450 %, 16,610 % dan 13,545 %, hanya kadar reisin 7% yang meimeinuihi speisifikasi dari Bina Marga. Uintuik nilai speisifikasi VMA dari Bina Marga yaitui minimuim 15,00%. Beirdasarkan uiji marshal nilai stabilitas uintuik campuiran kadar reisin 0%, 3%, 7% dan 10% deingan peireindaman seilama 3 dan 7 hari meimeinuihi speisifikasi Bina Marga. Namuin uintuik beinda uiji deingan campuiran reisin 0%, 3%, 7% dan 10% deingan peireindaman seilama 14 hari tidak meimeinuihi speisifikasi dari Bina Marga di kareinakan nilai stabilitas masih dibawah 800kg, seidangkan uintuik nilai speisifikasi dari Bina Marga adalah 800kg. Beirdasarkan hasil peineilitian yang teilah dilakuikan maka uintuik job mix deisign uintuik kondisi jalan yang teireindam air Rob beirada pada campuiran aspal deingan kadar reisin 7%, dikareinakan hasil dari peinguijian meimeinuihi speisifikasi dari Bina Marga tahuin 2018 reivisi kei-2. Beirdasarkan hasil peireindaman air rob yang dilakuikan, seimakin lama peireindaman deingan air Rob dapat meinyeibabkan peinuiruinan nilai stabilitas aspal dan nilai Flow (keileileihan) yang dapat meimpeingaruihi keitahanan aspal. Kata Kunci : (AC-WC); Air Pasang; Reisin; Slag Baja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:36
Last Modified: 02 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32703

Actions (login required)

View Item View Item