PENILAIAN PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Ki Ageng Sedayu Kabupaten Pekalongan)

Ahdini, Nanda and Fauziah, Aini (2023) PENILAIAN PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Ki Ageng Sedayu Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
30202100246_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan Rumah Sakit Ki Ageng Sedayu Kabupaten Pekalongan merupakan pembangunan yang mempunyai tingkat risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi karena termasuk dalam kategori high risk building dan terdapat beberapa Pekerja yang lalai akan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan mengalami kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kegiatan kerja yang berisiko, mengetahui jenis kecelakaan kerja yang terjadi, mengetahui tingkat risiko kecelakaan kerja dan upaya pengendalian kecelakaan kerja. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuisioner kepada pihak Konsultan Manajemen Konstruksi, Kontraktor, Mandor dan pihak K3. Dalam menentukan klasifikasi tingkat risiko Low, Medium, High dan Very High dilakukan penilaian kemungkinan terjadi dan dampak risiko kecelakaan kerja berdasarkan potensi bahaya dari setiap pekerjaan yang didapat dari hasil kuisioner dan diambil prosentase tertinggi. Nilai kemungkinan terjadi risiko dan dampak risiko akan dianalisa berpedoman standar AS/NZS 4360:2004 Risk Management Guideline dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Hasil analisis menunjukkan pekerjaan di Proyek Pembangunan Rumah Sakit Ki Ageng Sedayu Kabupaten Pekalongan dari 14 jenis pekerjaan diperoleh bahwa terdapat 7 jenis pekerjaan dengan risiko paling rendah Low dan Medium yaitu Pekerjaan Pembesian Sloof, Pekerjaan Pembesian Kolom, Pekerjaan Pembesian Tangga, Pekerjaan Pengangkutan Pipa Hydrant, Pekerjaan Pemasangan Keramik Lantai, Pekerjaan Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela, dan Pekerjaan Pemasangan Kaca, serta 1 jenis pekerjaan dengan risiko paling tinggi Medium dan High yaitu Pekerjaan Pemasangan Penutup Atap. Peran K3 dalam upaya pengendalian risiko pada proyek secara keseluruhan sudah disesuaikan dengan metode rencana K3 pada proyek, yaitu dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap (safety helmet, rompi/ wearpack, safety shoes, gloves, safety glasses, body harness dan safety mask), penyediaan rambu dan pembatas yang jelas, penataan peralatan kerja yang rapi dan menggunakan metode kerja yang sesuai. Kata Kunci : Kecelakaan Kerja, Keselamatan Kerja, Risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:07
Last Modified: 30 Oct 2023 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32514

Actions (login required)

View Item View Item