STUDY EVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN PURWODADI – WIROSARI DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017

SUPRIYATNO, EKO (2023) STUDY EVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN PURWODADI – WIROSARI DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900067_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Jalan Purwodadi – Wirosari berdasarkan fungsinya termasuk jalan kolektor primer yang berfungsi menghubungkan antar kabupaten, yaitu Grobogan – Blora dan kabupaten di Jawa Timur. Selain itu jalan Purwodadi – Wirosari juga bisa dijadikan sebagai jalan alternatif ketika jalan di pantura mengalami kemacetan. Semakin meningkatnya lalu lintas kendaraan berat dan juga kondisi daya dukung tanah yang kurang baik, menyebabkan kerusakan jalan di banyak tempat. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan kajian terhadap kondisi eksisting jalan sebagai dasar untuk perbaikan konstruksi, mengevaluasi kapasitas jalan Purwodadi - Wirosari berdasarkan perhitungan data LHR saat ini dan proyeksi sampai 20 tahun ke depan, dan mengkaji jalan Purwodadi - Wirosari berdasarkan data CBR supaya stabil dan mampu menahan beban lalu lintas. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang diawali dengan melakukan studi terhadap kerusakan jalan lama dengan mengamati secara langsung kondisi eksisting. Kemudian data sekunder yang terdiri dari peta topografi, data LHR dan data nilai CBR dari tes DCP kita dapatkan dari Dinas BMCK Propinsi Jawa Tengah. Untuk proses analisa dan pembahasan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan tahun 2017 untuk perkerasan kaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi di ruas jalan Purwodadi – Wirosari terutama di Km 94+500 s/d 94+650 adalah retak melintang dengan lebar retakan antara 0,5 - 1cm, rekahan ke samping pada sambungan memanjang atau centerline jalan antara 5-10 cm, terdapat segmen yang mengalami penurunan sehingga diperlukan dinding penahan tanah untuk menahan supaya bahu jalan tidak semakin turun, patahan pada bagian dekat dengan sambungan melintang yang disebabkan karena muatan lalu lintas yang berat. Berdasarkan analisa lalu lintas dan perhitungn proyeksi LHR untuk 20 tahun kedepan dengan perkiraan jumlah kendaraan HV (135 kend./jam), LV (329 kend./jam), MC (1382 kend./jam). Nilai untuk derajat kejenuhan pada ruas Purwodadi – Wirosari (DS) adalah 0,73. Hasil evaluasi terhadap konstruksi perkerasan kaku yaitu digunakan perkerasan beton bersambung dengan tulangan, tebal pelat 25 cm (sama dengan desain dan lapangan), diameter dowel 32mm (polos), tiebar dipakai diameter 16 (ulir), panjang segmen 6m. Kata Kunci : jalan, kerusakan, rigid, mdp

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:29
Last Modified: 27 Oct 2023 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32479

Actions (login required)

View Item View Item