STUDI PENGARUH KARAKTERISTIK TANAH DASAR TERHADAP KERUSAKAN STRUKTUR PERKERASAN KAKU RUAS JALAN HOS COKROAMINOTO PEMALANG

SETIAWAN, ADI (2023) STUDI PENGARUH KARAKTERISTIK TANAH DASAR TERHADAP KERUSAKAN STRUKTUR PERKERASAN KAKU RUAS JALAN HOS COKROAMINOTO PEMALANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900056_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Jalan HOS Cokroaminoto dilakukan pembangunan dengan menggunakan struktur rigid pavement pada tahun 2015, seiring berjalannya waktu dan proses pembangunan, saat ini lapis perkerasan jalan telah mengalami penurunan tingkat pelayanan, ditandai dengan adanya kerusakan pada lapis perkerasan jalan di beberapa tempat. Tanah merupakan salah satu penyebab dari kerusakan struktur jalan. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui karakteristik tanah dasar diruas jalan tersebut, guna mengetahui penyebab kerusakan dan cara perbaikannya. Pengujian sifat karakteristik pada ruas jalan HOS Cokroaminoto Pemalang yang mengambil 2 sampel tanah yakni tanah di sekitar perumahan (sampel A) dan tanah disekitar persawahan (sampel B) meliputi pengujian kadar air (w), Berat jenis tanah (GS), Liquid Limit (LL), Plastic Limit (PL), Indeks Plastisitas (IP), Analisa Saringan, CBR, Gaya Geser Tanah (kohesi dan sudut geser tanah, Permeabilitas tanah dan Konsolidasi. Menurut hasil penyelidikan tanah di laboratorium, tanah dasar di ruas jalan HOS. Cokroaminoto Pemalang termasuk dalam kategori tanah berbutir halus, dan didalam Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, untuk mengurangi pumping hingga kedalaman 150 mm harus distabilisasi semen. Kata kunci : Perkerasan jalan, Penyelidikan tanah, Pengujian, Pumping 1) Mahasiswa Program Magister Teknik Sipil, Universitas Sultan Agung Semarang; 2) Dosen Program Magister Teknik Sipil, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:26
Last Modified: 27 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item