MAULANA, IQBAL (2023) MODEL REGRESI LINIER PENGARUH STANDAR TEKNIS JALAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN PROVINSI (STUDI KASUS : RUAS JALAN PEMALANG – PURBALINGGA). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Teknik Sipil_20201900023_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Magister Teknik Sipil_20201900023_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
Abstract
Pada rentang tahun 2016-2021 terdata 12 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal dunia 22 orang dan 107 luka-luka di ruas jalan pemalang – purbalingga. Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kurangnya perhatian terhadap prasarana yang memenuhi aspek dari keselamatan. Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kurangnya prasarana jalan tersebut umumnya disebabkan oleh desain geometrik jalan kurang tepat, kondisi permukaan jalan yang buruk, kurangnya jarak pandang dan sebagainya. Maka dari itu penelitian bertujuan mencari lokasi rawan kecelakaan, penyebab kejadian kecelakaan dari nilai standar persyaratan teknis jalan dan model regresi kecelakaan. Analisis lokasi rawan kecelakaan lalu lintas blackspot menggunakan metode Equivalent Accident Number (EAN) dibandingkan dengan nilai Upper Control Limit (UCL) dan batas kontrol atas (BKA). Regresi linier berganda digunakan untuk menelusuri pola hubungan antara variabel terikat dengan dua atau lebih variabel bebas. Hasil penelitian ini Segmen yang dikategorikan sebagai lokasi rawan kecelakaan adalah STA 32+000, 34+000, 36+000, 47+000 dan 48+000. Grade yang tidak memenuhi standar akan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas berdasarkan persyaratan teknis jalan. Berdasarkan model regresi yang didapat, sebesar 33,8 % faktor-faktor kecelakaan lalu lintas dapat dijelaskan oleh geometrik jalan dan Perkerasan Jalan. Sedangkan sisanya 66,2% dapat dijelaskan oleh faktorfaktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. . Model regresi yang dapat digunakan untuk memprediksi jumlah kecelakaan di ruas jalan provinsi tersebut menurut besaran variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Y = -2,618 + 0,049 Grade – 0,019 X Slope – 0,008 H Curv – 0,417 V Curv + 0,264 lebar jalan + 0,081 kondisi jalan IRI + 0,014 Kondisi Jalan PCI. Kata Kunci: Lokasi Rawan Kecelakaan, Penyebab Kejadian, Model Regresi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:40 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32468 |
Actions (login required)
View Item |