HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN GANDA (WORK FAMILY CONFLICT) DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA ISTRI YANG MENJALANI PERNIKAHAN JARAK JAUH

Pratiwi, Reva Adelia (2023) HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN GANDA (WORK FAMILY CONFLICT) DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA ISTRI YANG MENJALANI PERNIKAHAN JARAK JAUH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Psikologi_30701900143_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30701900143_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konflik peran ganda dengan kepuasan pernikahan pada istri yang menjalani pernikahan jarak jauh. Metode yang digunakan adalah metode peneltiian kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi berupa: Perempuan sudah menikah; Memiliki minimal satu anak; Sedang bekerja; Suami bekerja di luar rumah, dan; Menjalani pernikahan jarak jauh. Teknik pengambilan data menggunakan skala kuesioner dengan melibatkan dua skala pengukuran, yaitu skala konflik peran ganda dengan skor reliabilitas sebesar 0,865 dan skala kepuasan pernikahan dengan skor reliabilitas sebesar 0,875. Penelitian dilakukan di kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, dan 68 partisipan terlibat dalam penelitian ini. Data penelitian diuji menggunakan uji analisis product moment. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan negatif antara konflik peran ganda dengan kepuasan pernikahan pada istri yang menjalani pernikahan jarak jauh, dengan skor korelasi negatif sebesar -0,471 dan taraf signfikansi 0,000 (p<0,01). Artinya, semakin tinggi konflik peran ganda maka semakin rendah kepuasan pernikahan yang dialami oleh istri yang menjalani pernikahan jarak jauh, serta berlaku sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: konflik peran ganda, kepuasan pernikahan, istri, pernikahan jarak jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:01
Last Modified: 25 Oct 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32280

Actions (login required)

View Item View Item