HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

Fadila, Monita Elivian (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Psikologi_30701900111_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30701900111_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi pada mahasiswa psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 155 responden. Teknik sampel menggunakan cluster random sampling. Skala motivasi belajar yang terdiri dari 21 aitem dengan daya beda aitem tinggi dengan nilai bergerak berkisar 0,314 sampai 0.689 skor reliabilitas Cronbach Alpha 0,888 Skala prokrastinasi akademik yang terdiri dari 52 aitem dengan daya beda aitem tinggi dengan nilai bergerak antara 0,338 sampai 0,710 dari skor reliabilitas Cronbach Alpha 0,951. Hasil analisis korelasi spearman’s rho dengan skor rxy sebesar -0,611 menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik. Dimana semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin rendah prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan koefisien korelasi yaitu sebesar -0,611 dengan signifikan 0,000 (p<0,05). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:41
Last Modified: 23 Oct 2023 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32198

Actions (login required)

View Item View Item